Selasa, Agustus 02, 2011

4 Universitas di Indonesia Masuk 20 Besar Terpopular di ASEAN

JAKARTA, M86 - Sebanyak empat perguruan tinggi Indonesia masuk dalam 20 besar kampus terpopuler di ASEAN versi pemeringkat Webometrics periode Juli 2011. Seperti dikutip dari situs webometrics.info, empat universitas tersebut yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Gunadarma.

Peringkat pertama di wilayah ASEAN ditempati National University of Singapore, disusul berurutan hingga posisi kelima adalah Kasetsart University (Thailand), Chulalongkorn University (Thailand), Universiti Teknologi Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia.

Sementara UI hanya bertengger pada peringkat 12, ITB urutan 16, UGM 18, dan Universitas Gunadarma 19.

Adapun untuk kategori Top 100 Asia, UI menempati peringkat 67 sedangkan ITB pada posisi 81.

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20.000 perguruan tinggi di dunia. Tercatat, hanya 149 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan oleh lembaga yang berbasis di Spanyol ini, atau ada penambahan 6 perguruan tinggi dibanding edisi Januari 2011.

Pemeringkatan Webometrics didasarkan pada empat parameter yaitu Visibility, Size, Rich Files, dan Scholar.

Visibility diukur dengan jumlah tautan (link) eksternal yang unik yang menuju ke website perguruan tinggi yang bersangkutan. Jumlah tautan tersebut diukur dengan Yahoo Site Explorer.

Sementara Size adalah jumlah webpage pada sebuah website perguruan tinggi yang terindeks oleh Google, Yahoo Site Explorer, dan Bing.

Selanjutnya Rich Files merupakan jumlah file yang ada di website perguruan tinggi dengan format dokumennya mencakup word, PPT, PDF, dan postscript. Sedangkan, Scholar merupakan jumlah artikel yang terindeks di Google Scholar.

Dengan begitu ranking ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet, yang sangat ditentukan tingkat kekayaan produk akademik dari perguruan tinggi terkait.

Meski demikian tidak satupun perguruan tinggi Indonesia yang peringkat 100 maupun 500 besar dunia.

Namun untuk skala dunia, UI menempati peringkat 562, ITB di urutan 632, UGM urutan 817, sementara Gunadarma pada posisi 845.

Tiga peringkat tertinggi dunia yaitu Massachusetts Institute of Technology, disusul Harvard University, dan Stanford University.

Sementara untuk wilayah Asia dipimpin Taiwan National University, diikuti University of Tokyo dan Kyoto University. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails